Sabtu, 29 Oktober 2016

Icon yang Lampung punya

1. MENARA SIGER
Tempat wisata diujung pulau SUMATERA ini adalah simbolnya Lampung, tempat wisata ini tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni. Menara ini memiliki bentuk yang unik dengan sembilan kerucut berwarna kuning keemasan yang berderet memanjang. Bentuk ini menunjukan bentuk mahkota pengantin wanita (siger) dalam adat Lampung. Sedangkan, pucuknya yang berjumlah sembilan adalah simbolisasi sembilan bahasa yang ada dalam masyarakat Lampung. Kerucut pada bagian tengah berukuran lebih besar dan lebih tinggi yang menjadi puncak dari menara iniJika kita menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, menara ini akan terlihat dari kejauhan dan menjadi pertanda kita akan segera menginjakkan kaki di tanah Lampung. Sesampai di Bakauheni, tidak ada salahnya jika singgah sejenak di menara ini dan menikmati pemandangan indah pantai di ujung Sumatera.




http://www.indonesiakaya.com/


2. TUGU GAJAH
Tugu Gajah/Tugu Adipura adalah tugu yang terletak di jantung kota Bandar Lampung, Tugu ini merupakan tempat yang sering digunakan oleh masyarakat untuk kumpul-kumpul, khususnya pada malam hari. Pada siang har, Tugu Adipura kadang dipakai oleh para pengunjuk rasa (demonstran) untuk menyampaikan aspirasinya. Tugu ini menjadi ciri khas kota Bandar Lampung atau dikatakan Tugu Adipura membuat kota Bandar Lampung lebih hidup dan menarik. Tugu berdiri di tengah-tengah kolam yang tidak dalam dan terdapat beberapa patung gajah yang sedang bermain bola,air mancur yang menari-nari dan lampu warna-warni yang cantik saat malam hari merupakan andalan daya tarik wisata Lampung. Event-event tertentu seperti acara menyambut tahun baru, idul fitri dan juga khusus setiap hari minggu diadakan Car Free Day di sekitar Tugu Adipura ini.





https://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Adipura


3. Taman Nasional Way Kambas 
Taman nasional perlindungan gajah atau sekolah gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan RatuLampung Timur. Disini pengunjung bisa melihat aktivitas keseharian gajah seperti mengangkut kayu, membajak sawah dan bermain bola, pada jam 14.00 kita bisa melihat gajah-gajah yang akan dimasukan kedalam kandang sebelum dimasukan gajah-gajah tersebut dimandikan terlebih dahulu. Pengunjung juga bisa melihat gajah-gajah yang besar dari dekat dan sesekali memegangnya.
Biasanya ada beberapa orang yang menjual makanan untuk gajah jika pengunjung ingin memberi makan dan berfoto-foto bersama gajah, pengunjung juga bisa melihat dengan dekat dan bermain bersama anak-anak gajah yang imut nan menggemaskan.
Sekolah gajah ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Tidak cuma gajah, di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah di antaranya Badak sumateraHarimau sumateraMentok RimbaBuaya sepitAda dua pilihan untuk tiket masuk ke Taman Nasional ini, untuk konservasi gajah dikenakan biaya 20ribu perorang sedangkan ke way kanan resort (tempat penangkaran Badak Sumatera) dikenakan biaya 30ribu perorang.

https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Way_Kambas
http://www.wisatatiga.com/2014/09/harga-tiket-masuk-taman-nasional-way.html

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar